JOHN CALVIN INTERNATIONAL SCHOOL BANGKRUT

Kamis, 10 Juli 2008 | 19:37 WIB

 

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sekolah internasional John Calvin International School (JCIS) di Polomas, jakarta Timur, yang baru setahun beroperasi bangkrut sehingga ditutup sejak 6 Juni lalu. Pengelola sekolah yang dibayar dengan Dolar Amerika Serikat ini berinisiatif memindahkan 108 siswa ke Saint Peter Indonesia, Kelapa Gading.

 

Menurut perwakilan pemegang saham JCIS, Andre Legoh, pemindahan siswa itu pertanda JCIS telah melakukan kewajiban minimum yang berkaitan dengan nasib para siswa-siswa. “Kami berharap masalah ini tak berlanjut ke hukum,” katanya kepada Tempo. “Kami minta maaf kepada orang tua murid, kami tak bisa memuaskan semua pihak.”

 

Andre menjelaskan, JCIS tutup karena target 200 siswa belum terpenuhi. Alasan lainnya, infrastruktur lima gedung sewaan di Korean Town itu belum berjalan sepenuh. “Kami tak disuplai listrik. Kami pakai genset.” Pengembang, PT Korea World Centre Indonesia, baru menyerahkan dua gedung dari lima gedung yang disepakati. Negosiasi belum membuahkan hasil. Bahkan, gaji 18 guru bulan lalu baru dibayar setengahnya. “Kami bereskan 15 Juli nanti,” ucap Andre.

 

Nur Rochmi